Adat Nikah Suku Dayak Engkadin |
Adat Menobas Tanah Menube Aek
Yang pertame kita adean adat sapat tohon, tohon betokok musim belipat atau adat sapat tohon, berarti lakau hondak
menobas, rumah hondak menajak, yang diadean di bulan 3 (tige/tiga). Setelah
diadean ritual ke Duate, kite menalau ke sengiang kite menyorok tanah hondak
bepadi lontan hondak bepulot, itu dilaksanean oleh urang yang disobot Belian Duate.
Setelah diadean adat Sapat Tohon yang disobot juga’ labeh seperupak pincong oleh Belian Duate, kemudian diadean memanggor mburongan tanah akai tanah
bepadi lontan bepulot, hundang besayang, robong bepucok, aek be’ikan, setelah
selosai melaksanean adat Sapat Tohon, baroklah ke kayu kite buleh menobas, ke
akar kite buleh memincap, ke kayu buleh menobang, bearti kite menobang menobas,
meulah laku hume.
Setolah kemarau panjang solatan beupupot, baroklah kite
mencucol meanggor, meadean lakau di ladang, hutan disokat golak api menorak ke
rimbe ke ruyon, golak api menorak ke hutan, hutan be sitan, tanah begane,
lubang langkang, aek bulan, batu bosar, kruaye tinggi golak jadi barau bahop,
barau binase, tanah cade bepadi lontan cade be pulot.
Mencucol kite minte kompos, tugal minte terinsap,
baroklah menugal menujak, menugal mematar tanah, memboneh mbilang lubang,
kurang pemboneh tulong penugal, kurang penugal tulong pemboneh, setolah cukup
umur padi, kurang lobeh sebulan barok kite meadean tobos menyangsang, golak padi kite kene pangau bongas, lomeng
kepuyu, hulat karau, kene barau bahop, barau binase, tugal kate dibasok habu
dibalek, setolah onan kite menungguan tohon
kate tesantang, musim kate temakan, barok kite meadean Adat Makan Tohon.
Di situ kite mematek porang beliong, meonjok hutang
membayar duse, tohop kate tesantang, musim kate kite temakan, belakau kite
dapat padi, berumah kite buleh rogak, setelah kite melaksanakan adat makan
tohon, buat kate kerogak, padi kate kite jurong artinye itu disobot meunjang semangat
padi, yaitu akai diburi dolat berokat, akai dimakan tidak tuhu habes, diutek
tidak tuhu luak.
Itulah jonjangan adat Belakau Behume Betohon Betongah, ke Lakau kite menobas ke rumah kite menajak.
2.
Adat Menajak Rumah
Ke tihang Menajak, Ke tungkat Merancong.
Saat kite hondak menujak rumah, diulah tampung tawar mate
kunyet. Dalam pelaksanean menajak rumah, kite tanam temiang tubuh salah,
sengkubak tohek bosi, golak tekene ke hutan besitan, tanah begane, lubang
langkang aek bulan, batu bosar kruaye tinggi, golak idok tidak dapat ninde,
makan tidak dapat konyang.
Setolah rumah ditajak tihang dirancong, kite adean Adat Menoyeki Rumah, diadean sengkolan pepaleet artinye diadean adat
jalan gondar ke titian tajau kete besopoh koyet beragi, kemudian kite adean
begondang betaboh memangkong ke tetawak, berareh ke gamalan, memukol ke
gondang. Kemudian diadean begolar belangke dan sengkolan pepalet.
Kalau rumah semerge belian songkalannye manok 2 x 7 : 14, setolah manok dibunoh tampong tawar di ator,
barok kite measal belian, asal belian adelah belian tulang tanah lambe langkang ari anggai sidi belian jage
belian, urang betinjang bangkai bongkak, urang bediri bangkai mati. Kemudian
diadean lagek sengkolan pepalet yaitu rumah dibunoh golaknye menyakit memboji,
golakye melaye melepe, baroklah diadean begolar belangke, diulah tomang
kiyamber barok besuroh adat jalan gondar ketitian, kepade dukon yang menoyeki
rumah/membunoh rumah.
Dengan ukoran Tajau sebuah (1), koyen selambar (1), Beliong seputengan (1), Manok seikok (1), itulah adat menoyeki rumah.
3.
Adat Nikah Kawen Konsal Jadi
Hondak Dipejadi Olay Diperasak, Kayu Bepenyundong Akar
Bepelompat, Hondak Urang Due Olay Urang Seurang.
Yang pertame adelah pinte pinang tawar unos, royeh
pangkot utek ambek dari sebolah lelaki, jadi diadeanlah sireh behemboyang
pinang pinang penggatop, dengan barang pakai anggauan artinye golang, cincin, pupor bincu. Dikumpolanlah
kampong sebuah domong manter, sirah dedalah, wali pemili, anak apang, bahwe
urang tersebut adelah urang kaye kate bepenyundong akar bepelompai, punye
kombang karong bunge mate.
Setolah onan dari pihak kampong, dari pihak domong, bulak
dapat membonaran, tabar dapat membisean, kerena nampak sudah besandu, torang
sudah besuloh kemudian dipetunangan dan diadeanlah sebuah perjanjian, kalau
batal:
v Dari pihak
betine hukumnye :
Tajau 4 (ompat) buah
v Dari pihak
lelaki hukumnye :
Tajau 4 (ompat) buah
Kalau seandai kate
buntak balang kepalang, lancang balek di api.
Yang kedue diadean lagek janji semaye bahwe, nikah kawen
onsal jadi, manok kate dimatian, tuak kate ditumpahan, dengan sekian bulan atau
sekian ari, sohet gantong paku lantak. Udah
pade saatnye urang hondak udah bise dipejadi, urang olay sudah diperasak,
diadean manok kate mati tuak kate tumpah, jalan ke rumah, aek ke buket, ke
pucok udah bekesamboran, kebabah udah bekelombahan di situ juga diburi sanksi:
v Kalau membuang
dari betine hukumnye Tajau 4 (ompat) buah
v Kalau membuang
dari lelaki hukumnye Tajau 4 (ompat) buah.
Kerene ape sebab kate hondak urang 2 (due); olay urang
seurang, buloh due kayok mengke bekisel, golang 2 (due) bontok mangke besontek,
itulah di urang totak tongah bagi due. Tetapi kalau andai kate nasek licak gangan tabai itu prosesnye
adelah lain lagek hukumnye pade yang ditontuan di nikah kawen konsal jadi, itu
ade pertimbangan-pertimbangan kusos sesuai uan ape kesalahan dalam rumah
tangge.
Begitu jugak di dalam nikah kawen konsal jadi, andai kate
urang lontan di kalang powoh dibolah hanyelah sohet seci pakau genggalang,
tetapi kalau urang sumbang salah bingkok kilas, yang pertame sumbang hondak
diupas, hantuan hontak ditetambei itu meningkat.